Minggu, 18 Desember 2011

Kalender Lengkap 1901-2199 M

KALENDER LENGKAP 1901-2199 M



Ass.Wr.Wb.
Teman.....kita masih dalam Tahun Baru Hijriah dan sebentar lagi Tahun Baru Masehi....jadi ada baiknya kita mempunyai sebuah KALENDER YANG LENGKAP. Oleh karena itu , saya sajikan disini Kalender Lengkap dari tahun 1901 sampai 2199.....wuuiiih lama sekali yaa..

Dalam meneliti kronologi sejarah kita kadang kala dibuat pusing, karena data ada kadang kala hanya berupa momen kejadian alam seperti gerhana, baik matahari maupun gerhana bulan. Dan ada kalanya data yang ada berupa penanggalan, seperti penanggalan Jawa atau Arab (Hijriyah Qomariyah) saja, dengan tanpa dilengkapi penanggalan lainnya. Kadang hanya kondisi musim kala itu atau dalam kalender jawa disebut Pranoto Mongso.

Untuk membantu kesulitan para peneliti sejarah, berikut saya buat program kalender yang bisa dipakai untuk mencari tanggal, baik Hijriyah Qomariyah, Hijriyah Syamsiah, maupun Jawa. Untuk release yang pertama ini hanya bisa dipakai mulai tahun 1901 sampai 2199. Insya Alloh untuk berikutnya akan diperbaharui sehingga bisa dipakai mencari penanggalan mulai tahun 1 masehi.

Release pertama ini mungkin masih banyak kekurangan karena tidak memuat gerhana, baik bulan maupun matahari serta hari-hari libur nasional, Insya Alloh release berikutnya akan dilengkapi. Kalender ini dibuat dengan menggunakan Excel, sehingga akan memudahkan saya sendiri (dalam membuat formulanya) maupun para pengguna, karena saat ini hampir disetiap komputer menggunakan Excel.


Tampilannya Seperti gambar diatas....


KETERANGAN KOTAK KALENDER

 
   
    A : Kalender Hijriyah Qomariyah (Hijri lunar calendar)
     B  : Kalender Hijriyah Syamsiyah (Hijri solar calendar)
     C  : Kalender Masehi (Gregorian calendar)
     D  : Neptu Jawa / Jumlah neptu hari dan pasaran
     E  : Kalender Jawa (Asapon)
     F  : Pasaran Jawa / Hari Jawa (day of Java)
     G  : Pranoto Mongso Jawa (season of Java)

1. Untuk menggunakan program ini silahkan klik nama daerah dibawah tulisan Nama Kota lalu pilih kota yang ada di daftar.

2. Untuk menentukan tahun klik angka tahun yang berada dibawah tulisan Tahun, lalu pilih tahun yang ada di daftar.

Walapun masih banyak kekurangan, mudah mudahan program ini bisa membantu teman-teman yang membutuhkan informasi penanggalan tempo dulu maupun yang akan datang.


Apabila fontnya ada yang tidak tampil silahkan ambil font-nya disini FONT lalu install font-nya

Semua sumber diambil dari :  Mazandrie dengan sumber utama  Bpk. Moeidzahid.

Sebagai Ucapan Terima Kasih kepada Bapak Ibnu Zahid Abdo el_moeid atas dedikasinya yang tekun untuk membuat Kalender ini, maka saya lampirkan penjelasan kalender dari beliau dibawah ini.....semoga Bermanfaat bagi semua Orang yang memerlukannya....Amin.



KALENDER 1901 M SAMPAI 2100 M
Dalam mencatat kejadian-kejadian penting seperti hari kelahiran, pernikahan serta moment penting lainnya kadangkala kita hanya mencatat tanggal Masehinya saja. Ketika mencatat hari kelahiran kita, orang tua kita biasanya hanya mencatat tahun Jawanya saja, seperti tahun Jim, tahun Alif dan lain-lainnya.
Dalam meneliti kronologi sejarah kita kadang kala dibuat pusing, karena data ada kadang kala hanya berupa momen kejadian alam seperti gerhana, baik matahari maupun gerhana bulan. Dan ada kalanya data yang ada berupa penanggalan, seperti penanggalan Jawa atau Arab (Hijriyah Qomariyah) saja, dengan tanpa dilengkapi penanggalan lainnya. Kadang hanya kondisi musim kala itu atau dalam kalender jawa disebut Pranoto Mongso.
Untuk membantu kesulitan para peneliti sejarah, berikut saya buat kalender mulai tahun 1901 M. sampai 2100 M. Kalender ini saya generate dari program kalender yang saya susun dengan worksheet excel.

Kalender ini memuat berbagai kalender, mulai Kalender Hijriyah Qomariyah (Hijri lunar calendar), Kalender Hijriyah Syamsiyah (Hijri solar calendar), Kalender Masehi (Gregorian calendar), Neptu Jawa (Jumlah neptu hari dan pasaran), Kalender Jawa (Asapon), Pasaran Jawa / Hari Jawa (day of Java), serta Pranoto Mongso Jawa (season of Java).

Kalender ini juga dilengkapi dengan prakiraan hari libur yang berlaku di Indonesia, diantaranya :
·  Tahun Baru Hijriyah
·  Tahun Baru Imlek
·  Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka
·  Maulid Nabi Muhammad SAW
·  Wafat Isa Al-Masih
·  Kenaikan Isa Al-Masih
·  Hari Raya Waisak
·  Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW
·  Hari Kemerdekaan RI
·  Hari Raya Idul Fitri
·  Hari Raya Idul Adha
·  Hari Raya Natal
Perhitungan kalender serta Hari libur ini berdasarkan kalkulasi matematik dengan kriteria-kriteria sebagai berikut :
  1. Perhitungan kalender Hijriyah Qomariyah berdasarkan metode Irsyadul Murid dengan markas GRESIK CONDRODIPO INDONESIA, Bujur 112° 37' 2,5" BT, Lintang 7° 10' 11,1" LS, Time Zone 7. Kriteria awal bulan berdasarkan ketinggian hilal di awal bulan yang sudah mencapai 2° derajat secara haqiqi mar’I (true visible of horizon) pada saat Maghrib.
     
  2. Perhitungan kalender Hijriyah Syamsiyah berdasarkan metode dari Syeikh Yasin Al-Padangi, dengan patokan awal tahun berdasarkan pembangunan masjid Quba’ pada hari Selasa Pon, 9 Robi’ul Awal tahun -1 H. / 21 September 622 M. dimana posisi matahari pada saat itu mulai bergeser dari buruj Sunbulah ke arah buruj Mizan.
     
  3. Perhitungan kalender Masehi berdasarkan kriteria kaisar Ugo Buogompagni yang berkuasa pada tahun 1502-1585 M. terkenal dengan sebutan Gregorius VIII.
     
  4. Kalender Jawa, Pasaran, dan Neptu berdasarkan kriteria Asapon, dimana 1 Suro tahun alip adalah hari Selasa Pon.
     
  5. Hari Raya Waisak berdasarkan kalender Budha aliran Theravada dengan Markas Jawa, time zone +7.
     
  6. Hari Raya Nyepi berdasarkan kalender Caka Bali dengan system Malamasa, dihitung dg Markas Bali, time zone +7.
     
  7. Tahun Baru Imlek berdasarkan kalender Konghucu dengan kaedah konjungsi (New Moon) system Jean Meeus dengan markas Beijing 120° BT time zone +8.
     
  8. Wafat dan kenaikan Sibhi Isa Al-Masih berdasarkan Konsili Nicea dengan kaedah perhitungan dari Carl Friedrich Gauss menggunakan Gregorian Calendar .

Mudah mudahan jeri payah kami menyusun kalender ini ada guna dan manfaatnya sehingga menjadi pahala yang bisa kami persembahkan kepada kedua orang tua kami, Ibu Asma Aqib serta Bapak Achmad Zahid Sahlan. Ampunilah segala dosa orang tua kami dan terimalah amal baik kedua orang tua kami, masukkanlah mereka kedalam surgamu bersama para nabi dan orang-orang yang sholeh.

Apresiasi yang tinggi tak lupa kami sampaikan kepada istri tecinta, Khoirun Nisak yang telah merawat dan membimbing anak-anak kami sehingga terluang waktu kami untuk menyusun kalender ini.

Kasih dan sayang juga tak terlupakan kepada kedua buah hati kami (Zahwah & Afrah) yang telah banyak kehilangan waktu luang nan riang bersama ayahnya di masa-masa pertumbuhannya, kehilangan waktu canda dan tawa di masa manjanya seorang anak seusianya. Semoga kelak menjadi anak-anak yang sholichah, menjadi pejuang-pejuang Islam yang mengharumkan agama, bangsa dan negara, Amiin.
kami mengharap banyak koreksi dari antum semua sebagai bahan masukan untuk obsesi kami berikutnyaa yaitu penyusunan kalender zaman nabi yakni sejak tahun kerosulannya sampai awal Khulafaarur Rosyidin.




Wass.wr.wb.
Arrayhan -----








.

0 comments:

Poskan Komentar

Ditunggu komentarnya yaa...teman..!